BUKU, INTEGRASI PENDIDIKAN ISLAM DAN SAINS: Rekonstruksi Paradigma Pendidikan Islam

Penulis: Dr. Lalu Muhammad Nurul Wathoni, M.Pd.I. (Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Mataram)

Integrasi Pendidikan Islam dan sains sebagai sebuah wacana keilmuan dalam mencerahkan pendidikan Islam di era peradaban modern yang terkesan buram. Keburaman tersebut terjadi akibat kuatnya kesenjangan ilmu dan semakin dibenturkan oleh para ilmuan yang sekuler, sehingga muncul paradigma dikotomi (pemisahan) ilmu di dunia yang berimplikasi juga pada dunia pendidikan Islam. Maka di kalangan ilmuan Muslim terpecah menjadi dua kelompok, pertama para pendukung ilmu-ilmu agama hanya menganggap valid sumber Ilahi dalam bentuk kitab suci dan tradisi kenabian dan menolak sumber-sumber non-skriptual sebagai sumber otoritatif untuk menjelaskan kebenaran sejati. Kedua, para pendukung ilmu-ilmu sains sekuler yang hanya menganggap valid informasi yang diperoleh melalui pengamatan indrawi (eksperimentasi) semata.

https://books.google.co.id/books/about/INTEGRASI_PENDIDIKAN_ISLAM_DAN_SAINS.html?hl=id&id=MERxDwAAQBAJ&redir_esc=y
Updated: 09 June 2020 — 07:37

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *